Skip to content

Mediaku Peringkat 5 Jawa Tengah

12 November 2012

Tiada kata yang pantas kuucapkan selain ucapan alhamdulillah kepada Allah SWT atas segala limpahan rahmatNYA, sehingga aku bisa menempati peringkat 5 dalam lomba Media Pembelajaran Interaktif (MPI) jenjang SMA/MA yang diselenggarakan oleh BPTIKP Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah. Ini aku ketahui setelah membuka website Panitia Lomba MPI di www.lomba.bptikp-jateng.net, saat aku klik bagian “Peringkat Lomba MPI Jenjang SMA”, ternyata namaku Rusdi Mustapa, S.Pd, muncul di peringkat 5. Kejutan yang tak terduga mengingat banyak peserta yang medianya lebih bagus dariku. Lomba yang diadakan dari tanggal 4 – 5 Oktober 2012 ini, diikuti oleh 23 guru jenjang SMA/MA se Jawa Tengah. Ini adalah kali pertama aku mengikuti lomba ini. Sejak awal tidak ada target yang aku pasang, lebih banyak ingin mencari pengalaman dan belajar dari peserta lain. Sebenarnya aku juga mengikuti lomba pengayaan sumber belajar Blog Guru, namun belum lolos. Berikut daftar peringkat Lomba Pengayaan Sumber Belajar MPI Jenjang SMA/MA 2012:

Dua hari mengikuti lomba memberiku banyak wawasan baru terutama dalam hal menyusun media pembelajaran interaktif. Banyak peserta yang menampilkan media yang luar biasa bagus ( menurut aku lho). Bahkan saat presentasi pun aku juga nothing to lose saja. Saat ditanya oleh dewan juri yang memang sangat qualified karena juri nasional di bidang TIK, aku jawab saja dengan jawaban-jawaban yang malah membuat peserta lain tertawa karena barangkali jawabanku lucu, ndak mutu atau apa aku tidak tahu. Apalagi saat ditanya ke hal-hal teknis, aku lebih banyak menjawab dengan bahasa yang polos. Namun ternyata itu malah membuat dewan juri terkesan dengan jawabanku dan akhirnya aku menempati peringkat 5. Pertimbangan dari dewan juri bagaimana sehingga aku menempati peringkat 5, namun hal ini memberiku semangat dan motivasi lebih untuk bisa ikut di lomba tahun berikutnya yang tentu saja dengan memperbaiki medianya sesuai masukan-masukan dari dewan juri. Semoga prestasi yang luar biasa ini akan selalu meningkat untuk waktu akan datang.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

No comments yet

Tinggalkan Balasan

