Skip to content

Belajar Sejarah Sambil Membuat Film ? Kenapa Tidak !

20 Mei 2015

Pembelajaran sejarah selama ini identik dengan pelajaran yang mengedepankan aspek kognitif dan afektif. Jarang sekali guru sejarah menggunakan pendekatan psikomotor. Padahal pelajaran sejarah bisa juga dikemas dengan menggunakan aspek psikomotor. Inilah yang telah aku jalankan bersama siswa/siswiku kelas XII  IPS 2 MAN 1 Surakarta. Untuk diketahui mereka adalah kelas program workshop (ketrampilan) dimana selain mengikuti pembelajaran reguler pagi, mereka juga mengikuti pembelajaran sore yang bentuknya berupa pelajaran ketrampilan. Karena siswa/siswi ini adalah anak-anak yang “istimewa” maka dalam pembelajaran sejarah perlu juga menggunakan pendekatan yang “istimewa”. Dalam hal ini kutawarkan kepada mereka untuk membuat film pendek sejarah. Kebetulan saat itu materi yang kusampaikan adalah materi tentang Peristiwa Seputar Proklamasi kelas XII IPS semester gasal. Aku berikan tantangan kepada mereka membuat film pendek tentang peristiwa seputar proklamasi. Jika selama ini siswa hanya mendengar dan mencatat apa yang kusampaikan, maka saatnya mereka juga memvisualkan materi yang dipelajarinya.

workshop25

Salah satu adegan film pendek

Tugas ini telah kusiapkan jauh-jauh hari sebelumnya. Sebenarnya sudah sejak lama rencana ini dibuat namun ternyata baru terlaksana pada kelas XII IPS 2 ini. Idenya sebenarnya sangat sederhana yaitu bagaimana agar siswa dapat memahami materi lebih mendalam maka mereka harus “mengalami” proses dalam peristiwa itu. Dalam hal ini mereka “mengalami” proses peristiwa seputar proklamasi, mulai dari persiapan, pelaksanaan dan akhir dari peristiwa proklamasi. Nah, agar bisa “mengalami” mereka kutugaskan membuat film pendek.

Bagaimanakah langkah-langkah dalam memberikan tugas ini ? Dalam kesempatan ini aku melakukan empat langkah antara lain :

Menyusun tema film pendek.

Dalam kesempatan ini tema yang kuambil adalah tentang peristiwa seputar proklamasi. Ini adalah  materi kelas XII IPS semester gasal. Cakupan materi ini sangat luas dan kompleks. Sehingga dengan memberikan tugas membuat film pendek ini aku berharap siswa bisa lebih mendalami sekaligus memahami materi.

Membentuk kelompok.

Kelompok yang terlibat dalam tugas ini sebanyak dua kelompok dengan masing-masing beranggotakan 15 dan 16 orang. Masing-masing kelompok menunjuk pemeran yang akan ditampilkan dalam fim pendek. Ada yang berperan sebagai Soekarno, Moh. Hatta, Ahmad Subarjo, Laksamana Maeda dan tokoh yang lain.

Membuat Naskah Film Pendek.

Pada bagian ini siswa aku berikan kebebasan dan keleluasaan dalam membuat naskah. Yang aku berikan hanyalah garis besar dari materi peristiwa seputar proklamasi tersebut.  Garis besar naskah film pendek yang kubuat kira-kira seperti ini

0001

Garis besar naskah film pendek

Selanjutnya siswa mengembangkan sendiri sesuai dengan kreativitas masing-masing. Sehingga kedua kelompok akan menampilkan film yang berbeda bentuknya dari satu tema yang sama

Pembuatan Film Pendek.

Waktu yang kuberikan pada siswaku dalam mengerjakan tugas ini adalah 1 bulan. Mereka diberikan kesempatan yang sangat luas untuk memilih lokasi, peralatan yang dibutuhkan atau segala hal yang berhubungan dengan pembuatan film pendek.

XII IPS 2.15

Siswa/siswiku saat proses pembuatan film pendek

Setelah diberikan penjelasan yang lengkap seputar tugas ini maka selanjutnya mereka mulai mengerjakan.  Selaku guru pengampu sejarah kubertugas mendampingi jika ada kesulitan dan masalah yang timbul selama proses pembuatan film. Biasanya siswa bertanya tentang urutan peristiwa yang harus ditampilkan. Namun untuk segi teknisnya semua diserahkan pada siswa.

XII IPS 2.22

Salah satu adegan dalam film pendek

Agar memiliki kesan yang mendalam pada siswa dan menumbuhkan semangat berkompetisi maka kubuat semacam kompetisi pembuatan film pendek dan yang terbaik akan mendapatkan reward. Untuk penilainya aku libatkan siswa dari kelas yang lain ( kelas XII IPS 1, IPS 3, IPS 4 dan IPS 5). Mereka aku minta bantuan menilai tugas film pendek dengan kriteria penilaian yang sudah aku tentukan di antaranya adalah tampilan film, urutan peristiwa, efek film ( berupa suara, lighting, Kostum, dan lain-lain ). Agar lebih menarik lagi di akhir kegiatan akan dipilih pemain pemeran terbaik putra dan putri.

1499474_4856848716042_5662330946188527211_n

Bersama pemeran terbaik putra dan putri

Di waktu yang telah di tentukan masing-masing kelompok mengumpulkan hasil film pendek yang telah dibuat. Selanjutnya film yang telah selesai itu kuputar film tersebut di kelas – kelas yang lain untuk dinilai. Aku menginginkan agar tugas ini melibatkan banyak pihak, terutama dalam aspek penilaian. Sehingga diharapkan hasilnya akan lebih bermakna. Belajar sejarah sambil memberikan pendidikan life skill berupa membuat film pendek ternyata membawa dampak yang luar biasa bagi mereka, terutama dalam pemahaman materi. Hal ini bisa dilihat dari hasil ulangan yang rata-rata mendapatkan nilai yang sempurna. Sehingga tujuanku agar siswa bisa lebih memahami dan menguasai materi dengan cara mengalami dan memvisualkan peristiwa sudah tercapai. Semoga pengalaman ini bisa membekas di hati siswa-siswaku.

Nah ingin tahu film pendek hasil produksi siswa/siswiku ? Silahkan lihat di bawah ini

NB: Artikel ini adalah salah satu artikel yang kuikutkan di lomba Blogger Guru

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: