Skip to content

OSEAS 2015

logo OSEAS 2015 2

LATAR BELAKANG

Pendidikan merupakan suatu daya dan upaya untuk membentuk budi pekerti (karakter, kekuatan batin), pikiran (intellect) dan jasmani anak-anak sehingga dapat tumbuh dan berkembang selaras dengan  alam dan  masyarakatnya. Pendidikan adalah proses panjang dan berkelanjutan untuk mentransformasikan peserta didik menjadi manusia yang sesuai dengan tujuan penciptaannya, yaitu bermanfaat bagi dirinya, sesama, masyarakat, beserta segenap isi dan peradabannya.

Pendidikan pada hakekatnya bertujuan untuk membantu manusia menjadi cerdas, bermanfaat, dan berkelakuan baik. Membuat manusia menjadi cerdas dan bermanfaat,mungkinmerupakanhal yang mudah. Namun membuat manusia menjadi orang yang berkelakuan baik tampaknya jauh lebih sulit atau bahkan sangat sulit. Dengan demikian, sangat wajar apabila dikatakan bahwa problem moral merupakan persoalan akut atau kronis yang mengiringi kehidupan manusia kapan dan dimanapun dia berada.

Kenyataan tentang akutnya problem moral inilah yang kemudian menempatkan pentingnya penyelengaraan pendidikan karakter. Sebagai kajian akademik, pendidikan karakter tentu saja perlu memuat syarat-syarat keilmiahan akademik seperti dalam konten (isi), pendekatan dan metode kajian. Sebagai aspek kepribadian, karakter merupakan cerminan dari kepribadian secara utuh dari seseorangseperti mentalitas, sikap, dan perilaku. Pendidikan karakter semacam ini lebih tepat sebagai pendidikan budi pekerti. Pembelajaran tentang tata-krama, sopan santun, dan adat-istiadat, menjadikan pendidikan karakter lebih menekankan kepada perilaku-perilaku aktual tentang bagaimana seseorang dapat disebut berkepribadian baik atau tidak baik berdasarkan norma-norma yang bersifat kontekstual, sosial, dan kultural.

Menurunnya kualitas moral dalam kehidupan manusia Indonesia dewasa ini, terutama di kalangan siswa, menuntut diselenggarakannya pendidikan karakter. Sekolah dituntut untuk memainkan peran dan tanggung jawabnya dalam menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai. Nilai-nilai tersebut tentunya nilai positif yang dapat membantu para siswa membentuk dan membangun karakter mereka. Pendidikan karakter diarahkan untuk memberikan tekanan pada nilai-nilai tertentu,seperti rasa hormat, tanggung jawab, jujur, peduli, dan adil. Selainituuntuk membantu siswa dalam memahami, memperhatikan, dan melakukan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan mereka sendiri. Untuk mendapatkan nilai-nilai tersebut, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan membangun kesadaran bersejarah. Hal ini dikarenakan pendidikan kesejarahan merupakan salah satu komponen dalam pembentukan karakter.

 TUJUAN KEGIATAN 

  1. Menumbuhkembangkan sikap nasionalisme generasi bangsa untuk Pendidikan Indonesia pada Era Global, terutama di kalangan pelajar SMA/MA/SMK/
  2. Menumbuhkembangkan kesadaranpentingnya arti budaya bagi generasi muda, terutama di kalangan pelajar SMA/MA/SMK/Sederajat.
  3. Meningkatkan rasa cinta dan bangga terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  4. Meningkatkan rasa menghargai terhadap jasa para pahlawan Indonesia.
  5. Meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan.
  6. Membentuk generasi muda yang berkarakter kepahlawanan dan kebangsaan dengan berlandaskan sejarah dan budaya Indonesia.

 DASAR KEGIATAN 

  1. Menurunnya jiwa nasionalisme dikalangan generasi muda di era Global
  2. Program kerja MGMP Sejarah 2014-2016.
  3. Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

KONSEP KEGIATAN 

Berupa OLIMPIADE SEJARAH

 Waktu Pelaksanaan:

–  Pendaftaran : 1 Agustus – 22 Agustus 2015

–  Pelaksanaan lomba : 29 Agustus 2015

 Pendaftaran:

  • Pendamping menyelesaikan biaya pendaftaran sebesar Rp. 100.000,- per peserta yang dibayarkan melalui transfer ke nomor rekening BRI 0173-01029583-50-3 (atas nama Suripni, S.Pd)
  • Pendamping mengkonfirmasi registrasi pendaftaran ke nomor telepon guna mendapat nomer pendaftaran dengan format: OSEAS_Nama Sekolah_Nama Pendamping_Nilai Transfer.
  • Contohnya: OSEAS_MAN Muhammadiyah_Susilowati_100.000
  • Untuk konfirmasi bisa menghubungi nomor di bawah ini :
  1. M. Ihksan Sumari, M.SI (HP. 081548773372)
  2. Suryo Subroto. (HP. 085328500479)
  3. Rusdi Mustapa,S.Pd (HP 087836523161)
  4. Ghufron,S.Pd. (HP. 0817256224)
  • Setelah mendapat nomer pendaftaran, pendamping mengisi formulir pendaftaran dengan mendownload formulir di blog mgmpsejarahma.wordpress.com
  • Pendaftaran secara langsung dapat dilakukan di Sekretariat MGMP Sejarah MA, MAN 1 Surakarta Jl. Sumpah Pemuda 25 Bonoloyo Surakarta ( Rusdi Mustapa, S.Pd )
  • Pendaftaran secara langsung dilakukan pada tanggal 1 Agustus – 22 Agustus 2015 pada pukul 08.00-13.00 WIB.

Peserta           

Siswa SMA/MA/SMK/MAK/Sederajat yang merupakan perwakilan dari masing- masing sekolah. Tiap sekolah berhak megirimkan 1-3 peserta dan 1 pendamping (per sekolah).

Juri

Penjurian dilakukan oleh tim MGMP SEJARAH MA Surakarta dan dosen dari  universitas Sebelas Maret Surakarta.

Alur Lomba

  • Babak Pertama

Diikuti oleh seluruh siswa SMA/MA/SMK/MAK/Sederajat yang terdaftar untuk mengikuti lomba Olimpiade Sejarah. Tiap peserta akan disajikan 100 butir soal pilihan ganda

  • Babak Grand Final

Diikuti oleh 6 peserta yang memperoleh akumulasi nilai tertinggi dari babak pertama. Di babak ini akan diuji dengan Babak Adu Gagasan. Peserta mempresentasikan presentasi peristiwa kontroversial yang sudah dipersiapkan dan selanjutnya akan ditanya oleh dewan juri.

TOTAL HADIAH 

Jutaan rupiah + Piala dan Piagam Penghargaan

SARASEHAN

Sarasehan merupakan kegiatan pendukung yang diadakan untuk guru pendamping. Acara tersebut bertujuan sebagai wadah untuk sharing dan diskusi mengenai sejarah yang akan langsung dipandu oleh pihak dosen Jurusan Sejarah FKIP UNS Surakarta.

PELAKSANAAN

Seluruh kegiatan Olimpiade Sejarah Surakarta tingkat SMA/MA/SMK/Sederajat diselenggarakan pada hari Sabtu, 29 Agustus 2015 bertempat di Madrasah Aliyah Assalam, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo

cover OSEAS copy

 

 Untuk mendownload formulir dan kisi-kisi OSEAS silahkan klik link di bawah ini :

1. Formulir pendaftaran

FORMULIR PENDAFTARAN OSEAS

2. Kisi-kisi OSEAS

KISI2 oaseas 2015

 

 

 

 

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: