Lanjut ke konten

MGMP Sejarah Gelar OSEAS

11 Juli 2015

logo OSEAS 2015 2Dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 70, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sejarah Karesidenan Surakarta akan mengadakan OSEAS ( Olimpiade Sejarah Surakarta ). Gelaran yang ditujukan bagi siswa/siswi tingkat SMA/MA/SMK dan sederajat tersebut akan dilaksanakan pada 29 Agustus 2015. Menurut wakil ketua MGMP Sejarah Rusdi Mustapa, S.Pd yang mewakili ketua MGMP Sejarah Drs. Ikhsan Sumari, kegiatan ini merupakan bentuk peran serta MGMP Sejarah dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa khususnya dalam bidang sejarah. Selain itu untuk memberikan warna baru dalam kegiatan Olimpiade yang selama ini selalu identik dengan IPA. ” Jika selama ini kita hanya tahu olimpiade fisika, matematika, kimia saja maka daftar olimpiade akan bertambah yaitu Olimpiade sejarah,” kata Rusdi Mustapa.

Kegiatan ini merupakan program kerja jangka panjang pengurus MGMP Sejarah Karesidenan Surakarta. Selama ini MGMP Sejarah banyak mengadakan kegiatan yang bersifat ke dalam, artinya konsolidasi serta pemberdayaan anggota MGMP Sejarah. Diantaranya adalah kunjungan ke obyek-obyek sejarah dalam rangka memperdalam pengetahuan sejarah yang bisa disampaikan kepada siswa. Kunjungan yang pernah diadakan adalah ke Kraton Yogyakarta, Kuil Sam Poo Kong Semarang, Gedung Lawang Sewu.

SAM_3571

Selain itu juga kegiatan yang bersifat teknik berupa diklat, dengan menggandeng Balai Diklat Keagamaan Semarang yang telah terlaksana pada tanggal 22 – 26 Juni 2015. Kegiatan yang merupakan gelaran ketiga kalinya tersebut merupakan kegiatan unggulan MGMP Sejarah karena bekerjasama dengan Balai Diklat Keagamaan Semarang.

DSCF1708

Kegiatan OSEAS akan diikuti oleh madrasah-madrasah anggota MGMP Sejarah ditambah dengan perwakilan dari sekolah-sekolah negeri yang ada di wilayah karesidenan surakarta. Hal ini sebagai sarana untuk mengetahui tingkat penguasaan materi sejarah antara sekolah negeri dengan madrasah. ” jadi semacam sparring partner,” kata Rusdi Mustapa. Untuk mendukung kegiatan ini, MGMP Sejarah turut menggandeng dosen dari Pendidikan Sejarah UNS sebagai dewan juri, sehingga diharapkan bisa lebih objektif. Guna mendukung kegiatan ini, informasi seputar OSEAS juga telah diupload di group FB OSEAS “Olimpiade Sejarah Se-Surakarta” dan juga di laman mgmpsejarahma.wordpress.com

cover OSEAS copy

No comments yet

Tinggalkan komentar